Pemilu Kada Gresik


Pasangan Husnul dg Musyafaq

Unggul 40,53%

FIGUR dan tingkat pengenalan masyarakat ke calon walikota/bupati sangat penting. Ini bisa tentukan kemenangan calon di Pemilukada. Jarang sekali calon dengan figur kuat dan dikenal masyarakat kalah di Pemilukada.

Demikian ungkap M Barkah Pattimahu Direktur PT Konsultan Citra Indonesia (KCI) di sela paparan hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Gresik, Rabu (26/05), di Town Square Hotel Surabaya.

Kalau calon dengan figure kuat dan cukup dikenal masyarakat kalah di Pemilukada, kata BARKAH, itu berarti terjadi blunder. Bisa saja karena faktor politik, kesalahan administrasi KPUD dan kemungkinan adanya pelanggaran-pelanggaran.

Figur kuat yang menentukan kemenangan calon di Pemilukada ini, papar BARKAH, bisa dilihat dari hasil Quick Count Pemilukada Gresik yang selesai tepat pukul 15.00 WIB. Hasil Quick Count Pilkada Gresik yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan suara terbanyak diperoleh pasangan Husnul Khuluq-Musyafaq Noer sebesar 40,53%.

Disusul pasangan Sambari Halim-M Qosim 35,04% dan Bambang Suhartono-Abadullah Qoni 15,40%, Sastro Suwito-M Samwil 3,48% dan urutan terbawah Mujitabah-Suwarno 1,36%.

Kata Barkah, kemenangan Husnul sesuai hasil QuickCount LSI bersama KCI dipicu faktor figur. Secara keseluruhan, masyarakat lebih mengenal dan menyukai sosok Husnul Khuluq dibanding calon bupati lainnya. Posisi Husnul memang sudah kuat sebelum kampanye dimulai.

“Sesuai survei KCI pada September 2009, dukungan terhadap Husnul sudah jauh di atas calon-calon lainnya. Husnul dianggap sebagai tokoh agama karena dia juga Ketua NU Gresik dan dianggap dekat dengan rakyat,”tukasnya.

Namun dari hasil Quick Count Pemilukada ini, Barkah juga melihat bahwa pasangan Sambari Halim-M.Qosim juga mampu merebut swing voter yang besarnya mencapai 30%. “Ini menunjukan manajer tim Sambari cukup kuat dalam mengambil kantong-kantong suara Husnul,” ujarnya.

Sementara itu, Ratih Nurmasari Divisi Riset LSI mengatakan metodologi survei yang dilakukan untuk Quick Count Pemilukada Kabupaten Gresik yakni multistage random sampling. Dari jumlah pemilih sesuai data KPUD Gresik sebanyak 870.179 dan jumlah TPS 2.017 diambil sample 215 TPS yang tersebar secara proposional dan dipilih acak di Kabupaten Gresik.

Sampling error sekitar 1%. LSI sudah melakukan Quick Count di Kediri dan menyusul pada Pemilukada Surabaya, 2 Juni 2010 mendatang. Quick Count LSI paling presisi seperti halnya saat Pemilukada di Tanjung Jabung Timur Jambi hanya berbeda 0,05% dibanding hasil resmi KPUD,”pungkas Ratih.

Seperti diketahui, KPUD Kabupaten Gresik hari ini melaksanakan pemilihan Bupati. Proses penghitungan suara dijadualkan bakal berlangsung selama 2 minggu. **


Sumber: titin ss.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: