Golkar dan PDIP Protes KPU

KPU Validasi Akhir

Contoh Surat Suara

KPU perlihatkan contoh surat suara

KPU perlihatkan contoh surat suara

JAKARTA (radar pemilu) – SINYAL-sinyal kurang baik muncul dalam tahap proses pemilu. Validasi akhir surat suara yang dilangsungkan kemarin banyak kesalahan fatal. KPU harus bekerja keras membenahi kesalahan itu bila ingin mencetak surat suara tidak molor dari jadwal hari ini.

Dalam validasi akhir kemarin, PDIP dan Golkar mencak-mencak. Mereka memprotes KPU atas contoh surat suara yang akan naik percetakan. Bagaimana PDIP tidak protes, ada nama calegnya yang tertukar dan tak tercantum.

Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Arif Wibowo yang mewakili partai bateng moncong putih itu kecewa berat. Dia menemukan kesalahan fatal, yakni nama caleg PDIP di dapil Jatim VI dan Jatim VII tertukar dengan nama caleg dari Jatim X dan Jatim XI. Ironisnya, nama Sekjen PDIP Pramono Anung termasuk yang tidak ditemukan di dapil Jatim VI. ”Di dapil Jatim VI dan Jatim VII kami menemukan nama caleg dari dapil lain. Karena itu, kami minta diganti seluruhnya dan dipastikan tidak keliru,” tegas Arif di sela-sela validasi akhir.

Perwakilan Partai Golkar, anggota DPR Idrus Marham, juga protes. Idrus tidak puas melihat logo cetakan dari surat suara yang dibuat KPU. Logo beringin dari Partai Golkar seharusnya hijau, namun ternyata di surat suara KPU berwarna kehitam-hitaman. ”Ini masalah psikis, logo parpol itu harus sesuai,” protes Idrus.

Keluhan terhadap warna logo parpol juga muncul dari Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Nasional Benteng Kerakyatan.

Menanggapi keluhan tersebut, anggota KPU Andi Nurpati menyatakan, maksud diadakannya validasi itu adalah untuk menemukan kesalahan tersebut. Dia memberikan catatan khusus kepada sejumlah parpol yang tidak mengikuti proses validasi akhir tersebut.

Surat suara Pemilu Legislatif

Surat suara Pemilu Legislatif

”Saya minta pimpinan partai segera mendelegasikan perwakilan agar ke KPU. Sampai malam kami masih di sini. Proses selanjutnya bisa tertunda kalau ada partai yang tidak datang,” ujarnya mengingatkan.

Siang kemarin memang belum lengkap perwakilan parpol yang hadir. Mereka ditunggu hingga malam hari. Hingga pukul 19.00 WIB, proses validasi masih berlangsung. Apabila semua selesai, KPU akan melakukan launching pencetakan surat suara hari ini (8/2). PT Temprina Media Grafika adalah konsorsium yang akan melakukan pencetakan perdana tersebut. (jpnn/yra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: