Profil Caleg: EVA DESEMBRIANITA

Eva Desembrianita Caleg DPRD Jatim

Mengajar Ilmu yang Bermanfaat

Membentuk Insan yang Bermartabat

Eva Desembrianita

Eva Desembrianita

Eva Desembrianita lahir di Pasuruan, 2 Desember 1963. Kalau melihat kota kelahirannya, di Pasuruan Jawa Timur, yang dikenal sebagai “kota santri”, seharusnya namanya bukan Eva, tetapi Siti Hawa.

Namun, kedua orangtuanya sepakat memberi nama anaknya yang cantik itu Eva. Ide pencetusan nama lahir berbau ke barat-baratan ini dikarenakan kedua orang tua hobbi nonton film. Mereka terinspirasi memberikan nama tersebut. Apabila diterjemahkan nama tersebut adalah seorang wanita yang dilahirkan pada bulan Desember.

Masa kecil sampai tamat SMU banyak dihabiskan di kota Pasuruan. Eva kemudian hijrah ke kota pendidikan Malang. Di sana Eva menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar Sarjana Ekonomi di STIE Malangkucecwara, Malang. Bahkan di kota dingin Malang itu pula Eva menemukan pasangan hidup dan menikah tahun 1988.

Kemudian, pasangan muda itu hijrah lagi ke kota buaya Surabaya hingga kini. Di Kota Pahlawan, Eva menekuni berbagai bidang pekerjaan, mulai administrasi sampai pemasaran di perusahaan swasta di Surabaya hingga pada tahun 1999. Eava pun sempat bergabung dengan OIEC (Overseas International Education Centre) yang berpusat di Brisbane, Australia. Sehingga, pada tahun 2000 pernah didaulat mengunjungi beberapa lembaga pendidikan di sana.

Begitu gigihnya Eva menuntut ilmu, sebagaimana pesan kedua orangtuanya, Eva juga berhasil menyelesaian program Master Business Administration (MBA) secara distance learning dari Warranborough University, UK London pada 2002. Belajar dan mengajar Di samping terus belajar dan menambah wawasan pendidikan, Eva juga sudah mulai mengajar di beberapa Lembaga pendidikan kursus dan beberapa perguruan tinggi swasta di Surabaya dan Jawa Timur.

Tahun 2003 Eva menyelesaikan pendidikan pascasarjana, S-2 Magister Manajemen dari STIE Mahardhika Surabaya. Profesi dosen ditekuni Eva hingga kini. Tahun 2001 mulai aktif di organisasi profesi seperti ISEI (Ikatan Sarja Ekonomi Indonesia) Surabaya.

Bakat dan kemampuan Eva tampil di depan khalayak, Eva sudah tidak asing lagi dalam dunia pressenter. Ia sudah terbiasa menjadi pembawa acara di berbagai kegiatan. Nah, ketika ISEI mengadakan kerjasama dengan media radio, Eva didaulat untuk memandu talkshow bidang ekonomi seperti di radio JJ FM dan SONORA setiap Selasa dan Jumat. Selain ISEI Surabaya juga aktif sebagai pengurus Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Sidoarjo periode 2008-2013 untuk bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kosgoro 1957

Melihat kemampuan yang begitu matang pada perempuan seusia Eva, teman-temannya mulai melirik. Eva diajak aktif di dunia politik. Awalnya Eva bergabung di organisasi kemasyarakatan (ormas) Kosgoro (Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotongroyong) 1957 pada tahun 2003. Dalam organisasi yang diwariskan para pejuang 1945 yang dimotori Mas Isman itu, tanpa menunggu lama, Eva segera dipercaya menduduki jabatan wakil sekretaris Gerakan Persatuan Perempuan Kosgoro 1957 (GPPK-57) Provinsi Jawa Timur.

Pengabdiannya yang serius di dunia pendidikan, Eva dipercaya menjadi Wakil Sekretaris di Badan Pengembangan Pendidikan (BPP) Kosgoro 57 Jawa Timur.

Eva di tengah-tengah Caleg Perempuan Partai Golkar Jawa Timur

Eva di tengah-tengah Caleg Perempuan Partai Golkar Jawa Timur

Tidak hanya itu, pengurus DPD Partai Golkar Jawa Timur juga tertarik merangkul Eva. Lagi-lagi jabatan wakil sekretaris yang disandang Eva pada Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Jawa Timur itu. Eva ditugasi sebagai Wakil Sekretaris Korbid Pemuda dan Mahasiswa .

Eva harus berusaha membuat agenda kegiatan secara rapi. Betapa tidak, sebab rangkaian acara demi acara sudah menanti. Ia benar-benar diuji untuk mampu mengendalikan waktu. Apalagi, untuk menunjang potensi yang dimilikinya dalam dunia politik, Eva juga juga aktif pemberdayaan masyarakat melalui organisasi Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat LPPM “Gotong Royong”. Bersama dua sahabatnya, Dra.Saptarini (Direktur Primagama Cabang Gayungsari) dan Dra. Siti Mujanah,MBA,PhD  (Pembantu Dekan FE UNTAG Surabaya), sejak tahun 2007 lalu mereka saling mengisi. Lembaga ini cukup eksis menangani berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, di antaranya melalui akses dana dari Pemprov Jatim.

Kendati menekuni aktivitas di berbagai bidang, seperti bidang pemberdayaan masyarakat melalui lembaga LPPM GR nya, bidang kemasyarakatan melalui Kosgoro 1957 dan bidang politik melalui Partai Golkar, namun tugas mulia sebagai pendidik merupakan yang nomor satu. Eva secara rutin menekuni profesinya sebagai dosen di Perguruan Tinggi. Hingga kini, Eva tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Narotama Surabaya. Di samping itu, Eva juga masih disibukkan dengan tugas lainnya sebagai konsultan manajemen UKM di Sidoarjo.

Visi

Menurut Eva, ia punya dua visi dalam hidupnya. Pertama: Visi pribadi menjadi seseorang yang bermanfaat bagi banyak orang. Sedangkan yang kedua: Visi politik, memandirikan masyarakat melalui peningkatan kompetensi dan skill menuju kehidupan sejahtera dan bermartabat.

Misi

Tentu, di samping Visi ada Misi. Nah, misi yang dibawa Eva adalah:

1. Melakukan proses pembelajaran masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan.

2. Membantu masyarakat mengakses sumber dana pemerintah melalui berbagai jaringan organisasi baik sosial maupun profesi.

3. Mensosialisasikan kemandirian ekonomi melalui pembinaan kewirausahaan.

4. Memberdayakan potensi masyarakat melalui kewirausahaan. Harapan Sebagai seorang insan, Eva juga punya obsesi dan harapan.

Menurut ibu satu putera ini, harapan harus selalu ada dalam hidup. ”Seseorang yang tidak mempunyai harapan menurut saya lebih baik mati saja. Di dalam setiap harapan terkandung makna semangat, motivasi dan upaya untuk meraihnya. Realitanya tidak ada suatu hasil tanpa melalui upaya dan usaha. Terlepas apakah upayanya berhasil atau tidak tetapi yang penting harus berupaya dalam aspek apapun dalam kehidupan ini”, ujarnya.

Memperhatikan kondisi masyarakat Indonesia secara umum masih memprihatinkan, kondisi ini mendorong Eva, menjadikan pemikiran sejauh mana aspek secara mikro maupun makro mendorong terjadinya kemiskinan di negri tercinta ini. Untuk itulah harapan terbesar Eva, rakyat Indonesia bisa makmur, sejahtera, berwawasan dan bermoral baik.

Barangkali terlalu muluk-muluk, tetapi paling tidak itulah hasil yang diharapkan oleh semua orang dan seluruh rakyat Indonesia. Sesuai dengan latar belakang berprofesi sebagai pendidik, peneliti dan melakukan pengabdian masyarakat paling tidak harapan nantinya sebagai calon Legislatif Propinsi Jawa Timur :

Mendorong terciptanya kebijakan yang berpihak bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Upaya menciptakan kondisi stabilitas politik yang kondusif. Memberikan informasi yang benar dan akurat yang menyangkut kepentingan masyarakat. Mendorong masyarakat lebih produktif dan mandiri sehingga tahan terhadap kondisi krisis.

Selogan

Eva mengatakan, memilih slogan bukan hanya sekedar kata-kata namun itu mengandung makna dan harapan dari setiap langkah yang kita jalankan dalam hidup ini.

”Dalam angan dan pemikiran saya ternyata martabat seseorang menjadi suatu acuan bagi setiap orang apakah itu menyangkut harga diri, kekayaan, jabatan maupun strata sosial. Tapi kata martabat mengandung makna jauh lebih kompleks dan mendalam dari itu semua atau dengan kata lain apabila seseorang yang bermartabat berarti maknanya positif dari aspek kekayaan, harga diri, jabatan maupun strata sosial. Apabila ada pertanyaan apa kaitan antara profesi dan martabat? Hal ini lah yang menjadi perjuangan saya untuk duduk di legislatif, menjadikan masyarakat Indonesia bermartabat dalam pandangan masyarakat dunia. Dan bagaimana menjadikan masyarakat Indonesia bermartabat ? Menurut saya masyarakat harus cerdas dalam bersikap, bertindak dan berpikir. Cerdas tidak harus melalui media formal tapi cerdas bisa dibangun melalui media non formal seperti kita belajar dari teman, pengalaman orang lain, koran, majalah maupun televisi taruhannya Cuma satu yaitu kemauan untuk belajar dimana saja, kapan saja, melalui siapa saja tapi bukan cocacola lho…………….”, celetuk Eva.

Caleg DPRD Jatim

Nah, demikian Eva Desembrianita yang kita tampilkan pada profil ”Perempuan Berpolitik” pada Radar Pemilu menjelang Pemilihan Umum Legislatif pada tanggal 9 April 2009 nanti.

Eva Desembrianita menjadi Calon Legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur oleh DPD Partai Golkar Jawa Timur melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) pada nomor urut 10.

Eva Desembrianita

Eva Desembrianita

Eva yakin nomor 10 adalah nomor ”cantik” yang didambakan setiap peraih nilai tertinggi. Apalagi dengan sistem perolehan ”Suara Terbanyak” yang sudah ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Eva optimistis bakal memperoleh satu kursi di DPRD Provinsi Jawa Timur. ”InsyaAllah, Eva mohon doa restu dan dukungannya”, ujar Eva yang mempunyai motto: ”Mengajarkan Ilmu yang Bermanfaat dan Membentuk Insan yang Bermartabat” itu. (yra)

4 Balasan ke Profil Caleg: EVA DESEMBRIANITA

  1. hendi mengatakan:

    semoga sukses yang penting tetap berkarya demi tanah air

    Trims, InsyaAllah (eva)

  2. cenya95 mengatakan:

    Semoga terpilih…
    dan benar-benar jadi Anggota Legislatif yg betul.
    Semoga…
    LamNal

    Terimakasih, moghon restunya! (eva)

  3. pengendara mengatakan:

    postingan yang bagus,
    .
    harapan saya; jika ibu eva jadi wakil rakyat nanti, saya sebagai rakyat yang diwakili tidak mau peduli bagaimana caranya namun pendidikan sd, smp dan sma harus gratis. tidak hanya gratis secara pollitik maupun administrasi, tapi harus bebas dari pungutan apa pun.

  4. Muchid Fr mengatakan:

    Semoga Anda terpilih dan menjadi wakil rakyat yang baik dan betul-2 mewaili aspirasi rakyat. Saya tahu mbak Eva meskipun belum banyak.
    salam dari rekan Krian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: