Tentang Pilgub Jatim

Menkominfo, M.Nuh

 

Quick Count

Bukan Hasil Akhir

 

Surabaya (radarpemilu) — MENKOMINFO, M Nuh meminta kepada media dan masyarakat agar memahami betul esensi Quick Count untuk tidak dijadikan sebagai acuan dalam penghitungan suara pilkada. Sebab, Quick Count bukan hasil akhir, tapi melainkan hasil penghitungan cepat yang mengambil beberapa sample TPS saja. mnuh-dan-suwanto

“Tolong pahami esensi Quick Count. Kembalikan pada rule of the game atau acuan permainannya. Dalam aturan bermain itu kan ada lembaga otoritas yang mempunyai kewenangan yaitu KPU. Jadi apapun hasil KPU, harus di dukung,” katanya kepada wartawan di Hotel Sheraton Surabaya, Kamis (6/11/2008).

Oleh sebab itu, Menkominfo berharap, khususnya salah satu pendukung salah satu calon untuk tidak mendesak dan mengintervensi kinerja KPU sehingga bisa bekerja secara independen.

“Beri KPU ruang gerak tanpa tekanan. Pemerintah juga tidak akan mengintervensi kinerja KPU,” ujarnya.

Hal ini dikatakan Menkominfo yang melihat hasil Quick Count yang terjadi selisih sangat tipis dalam pilgub Jatim. Sehingga, katanya, bila tidak memahami betul esensi Quick Count, justru akan menimbulkan perbedaan pendapat dan muncul ekskalasi yang tidak diinginkan.

“Terus terang, hasil Quick Count itu berpotensi untuk terjadi perbedaan pendapat. Kalau tidak hati-hati, akan terjadi ekskalasi yang tidak diinginkan,” katanya.

Namun jika hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU terjadi perubahan, pasangan calon sebaiknya menempuh jalur hukum. “Jangan main hakim sendiri,” pungkasnya.[BJ/01]

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: