Partai Golkar

Akbar Tandjung Yakin

Jalur Independen Terbuka

Pada Pemilihan Presiden

PALEMBANG (radar pemilu) – Di tengah hiruk pikuk Rapimnas Partai Golkar di Jakarta, mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung kemarin memilih memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. Di panggung ini, politikus senior itu berharap agar UU Pilpres memberikan pintu kepada calon independen.

”Setelah jalur perseorangan di buka pada pilkada lalu, saya yakin jalur perseorangan yg dibahas saat ini akan dibuka saat pemilihan presiden nanti,” katanya dalam acara yang bertajuk Refleksi 63 Tahun Kemerdekaan itu.

Selain memberikan kuliah, Akbar memanfaatkan panggung tersebut untuk membagi stiker bergambar dirinya yang bertulisan bangakbar.com. Gambar itu dibagikan kepada mahasiswa.

Dalam kuliahnya, politikus asal Medan itu mengkritik sejumlah kebijakan pemerintah yang dia nilai tak banyak memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. ”Dalam kurun 10 tahun terakhir, situasi politik memang berubah. Tapi, taraf kesejahteraan masyarakat tak banyak mengalami perubahan,” katanya.

Menurut dia, pada 2007 terdapat 36 juta penduduk miskin di Indonesia. Setahun kemudian turun menjadi 34 juta. Angka tersebut kembali naik setelah pemerintah menaikan harga BBM.

Hal lain yang dia kemukakan adalah pendidikan dan kesehatan yang kian sulit di jangkau masyarakat miskin. Dia mengatakan, human development indeks masyarakat Indonesia saat ini kian rendah. Persoalan itu juga berkaitan dengan ketersediaan lapangan kerja. Sementara angka pengguran 10 juta orang. ”Bahkan, tamatan perguruan tinggi universitas yang belum bekerja saat ini 700 ribu,” katanya.

Akbar juga banyak mengkritik peran dan fungsi partai politik saat ini yang kian tak seimbang antara memperjuangkan tegaknya demokrasi dan kesejahteraan rakyat. ”Parpol tak hanya berfungsi membangun demokrasi, tetapi juga harus memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Sebab, keduanya seperti dua sisi mata uang,” ungkapnya. (jpnn/01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: